Penyakit ayam aduan yang harus segera diobati

Penyakit ayam aduan yang harus segera diobati
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Penyakit ayam aduan yang harus segera diobati dan ditangani yaitu: 

Penyakit Bronkitis

Penyakit Bronkitis ditandai dengan gejala seperti ayam mengeluarkan lender (ingus), system pernafasan terganggu, ayam sering bersin atau gebres-gebres , mulut ayam selalu terbuka. Penyakit bronkitis ini disebabkan oleh Virus Terpeia Pulli yang penularannya melalui melalui kontak langsung maupun non-langsung antara ayam yang sehat dengan ayma yang sakit dan bisa menyerang ayam tanpa batasan umur dan sangat berbahaya bila menginfeksi anak ayam. Penyakit ini tidak dapat di obati, kita sebagai peternak hanya bisa melakukan pencegahan diantaranya dengan memberikan vaksin Medivac ND-IB-IBD (tiga kombinasi).  Perawatan serta pengobatan yang bisa kita lakukan hanya memberikan pakan yang cukup gizi, berikan juga vitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh dan kusus untuk pengobatan,sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan jenis penyakit bronkitis ini.

Penyakit Tetelo

Jika ayam bangkok atau unggas apa saja terkena jenis penyakit tetelo ini,biasanya di tandai dengan sesaknya pernafasanya,ayam mengalami batu,bersin,ngorok stamina lemah,kotoran yang di keluarkan berwarna merah.pusing dan berputar-putar yang di rasakan jika ayam bangkok terserang penyakit tetelo ini. Jenis penyakit tetelo di sebabkan oleh adanya virus ND yang sulit untuk di obati.ayam bangkok yang sudah terserang jenis penyakit ini,maka bisa di pastikan nyawanya tidak bisa tertolong lagi.jalan utama yang harus kita tempuh adalah dengan cara membakar atau mengubur ayam tersebut hidup-hidup. Sebelum penyakit ini menyerang pada ayam bangkok kita,sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan di area kandang atau bisa juga dengan cara memberikan vaksinasi berupa Vaksin ND secara berkala.


Baca juga:

Penyakit Berak Putih

Penyakit berak putih tergolong penyakit yang menular.jika ayam sudah terkena jenis penyakit berak putih ini,ayam lain akan sangat cepat juga ikut tertular.penyakit ini di tandai ketika ayam mengeluarkan kotoran,kotoran yang di keluarkan berwarna putih,ayam tidak nafsu makan,mengalami sesak nafas,bulu kotor dan kumal,serta sayapnya yang sekan menyentuh tanah,mengelantung ke bawah. Cara untuk mengobati serta pencegahan jenis penyakit ini dengan cara melakukan kebersihan peralatan serta kandang dengan melakukan pernyemprotan .untuk tata cara pengobatanya bisa menggunakan obat Trimezin atau Tretraclor.untuk dosis yang di gunakan,sesuai petunjuk dalam isis kemasan.jalan satu-satunya jika ayam sudah terkena penyakit jenis ini dengan parah,adalah di kubur hidup-hidup atau di bakar agar tidak menular pada ayam lainya.

Penyakit Berak darah

Penyakit berak darah hampir sama dengan penyakit berak putih.ciri serta gejala jika ayam terserang jenis penyakit ini adalah di tandai dengan mencret,nafsu makan menurun,sayap mengantung kebawah,bulu ayam kusam dan ayam mengigil kedinginan.hal untuk mencegah penyakit ini menyerang ayam dengan cara menjaga kebersihan lingkungan atau peralatan dan kandang ayam tersebut. Cara mengobati ayam terkena berak darah bisa menggunakan obat jenis Tetra chlorine capsule yang bisa kita berikan melalui mulutnya atau bisa juga dengan menggunakan Trisula Zuco sebuah serbuk tablet yang pemakainaya bisa kita campurkan dengan air minumnya.untuk dosis penggunaan bisa mengikuti aturan dalam isi kemasan.


Penyakit Cacingan

Caingan ayam bangkok juga sangat berbahaya jika kita lambat dalam mengatasinya.cacingan pada ayam di sebabkan oleh lingkungan serta kandang ayam yang sangat kotor,ciri serta gejala ayam mengalami cacingan di tandai dengan badan ayam yang kurus secara cepat,lesu serta lemah akibat kekurangan tenaga serta stamina. Cara mencegah dan mengobati penyakit jenis cacingan dengan cara bersihkan lingkungan sekiat kandang,peralatan serta kandang ayam serta berikan pakan yang banyak mengandung gizi cukup tinggi.untuk cara pengobatan kita bisa menggunakan obat cacing yang bernama Exitor pagis ebelum ayam di beri makan.untuk dosis sesuai isi kemasan.

Penyakit Senot

penyakit ini berebentuk seperti benjol-benjolan pada kulit ayam. Pada awalnya saya menganggap penyakit ini sepele, dan ternyata apabila dibiarkan akan berakibat fatal yang berujung kematian. Jika anakan ayam yang terkena penyakit ini haruslah segera di obati. 

Penyakit Ngorok

Penyakit ngorok tidak begitu serius, apalagi terhadap ayam dewasa. Tetapi bisa berbahaya terhadap ayam usia 0 sampai 2 bulan. Hal ini diakibatkan karena ayam usia 0 sampai 3 bulan daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Usahakan saat ayam berumur 0-3 bulan jangan sampai terserang penyakit. 

Penyakit Perubahan Musim (pancaroba) 

perubahan musim sangat mempengaruhi keadaan lingkungan, akibat perubahan suhu, udara dapat menimbulkan penyakit terhadap unggas. pada dasarnya penyakit pancaroba ini hampir sama dengan flu burung, karena penyakit ini datangnya musiman. baca cara mengobati penyakit ngorok ayam.

jangan sampai terlambat penangan untuk jenis penyakit seperti di atas, karena akan berakibat fatal dan berujung kematian bila dibiarkan.

Labels: